YAYASAN INTERMEDIKA PRANA

Penularan HIV

Membahas HIV tentu saja harus diketahui pula prinsip penularannya. Ada Empat Prinsip Penularan HIV dan keempat prinsip ini harus terpenuhi untuk virus HIV dapat berpindah dari satu orang HIV positif ke orang lain.

Exit = Keluar
Adanya jalan keluar bagi cairan tubuh yang mengandung HIV yang ada dalam tubuh seseorang. Contohnya jika terjadi luka, keluarnya cairan tubuh yang mengandung HIV ketika seseorang melakukan hubungan seksual atau melalui jarum suntik bergantian (ada darah yang tersisa di dalam jarum bekas dan kemudian masuk kedalam tubuh seseorang)

Survive = Bertahan
Cairan tubuh yang keluar ini harus mengandung virus yang tetap bertahan hidup. HIV bila berada di luar tubuh inangnya (manusia) dia tidak akan bertahan hidup lama, misal ketika cairan tubuh keluar di saat berenang atau berada dalam udara bebas lainnya.

Sufficient = Cukup
Kandungan HIV dalam cairan tubuh yang keluar dari orang yang terifeksi HIV harus ada dalam kandungan yang cukup. Jika jumlahnya sedikit, HIV tidak akan bisa menginkubasi tubuh manusia lainnya. Ini mengapa cairan keringan dan saliva (ludah) tidak bisa menularkan HIV.

Enter = Masuk
Adanya jalur masuk di tubuh manusia yang memungkinkan kontak dengan cairan tubuh yang mengandung HIV. Oleh karena itu penggunaan kondom serta pelicin penting sebab akan meminimalisir terjadinya perlukaan ketika terjadi kontak hubungan seksual.

Pemahaman empat prinsip penularan ini sangat penting karena masih banyak anggapan bahwa HIV dapat sangat mudah berpindah seperti virus influenza atau corona, dan anggapan tersebut salah karena penularan HIV tidak semudah itu dan harus memenuhi empat prinsip penularan (ESSE). Sehingga tidak ada ketakutan berlebihan untuk hidup berdampingan dengan orang dengan HIV.

Bagikan

Berita Terbaru

Penularan HIV
Fase AIDS
Pencegahan Penularan HIV
Periksakan Diri Deteksi HIV
Sahabat Terbaik